Halaman

Minggu, 09 Maret 2014



Usaha Kecil dari Tanah Sidoharum
Tak dapat di pungkiri keterampilan membuat batu merah atau yang lebih dikenal batu bata membuat desa sidoharum,kecamatan sempor ,kabupaten kebumen,Jawa Tengah terkenal sebagai salah satu penghasil batu bata terbaik di Jawa Tengah. Halini membuat jawa tengah terutama sempor semakin terkenal ,dan dikenal oleh masyarakat luas. Usaha yang tak begitu membutuhkan modal yang besar tapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar bagi pengusahanya sendiri telah mebantu perekonomian warga sidarum.
Yang membuat batu bata desa sidoharum terkenal adalah kepadatan batu bata yang dihasilkan ,karena pembuatanya yang menggunakan sedikit campuran grejen atau serbuk kayu ,sehingga kepadatannya takusah di ragukan, selain campuran pembakaran juga mempengaruhi, didesa sidoharum pembakaran dilakukan selama 3 malam dan di buka 2 hari kemudian sehingga mendapatkan batu bata yang berkualitas.
Di wilayah gombong sendiri yang menggunakan keunggulan batu merah sidoharum adalah bangunan rumah dari rumah Dr. Nirmanto,dan masih banyak lagi,yang mengunakan batu bata sidoharum.
Seperti salah satu contoh pengusaha batu merah desa sidoharum adalah bapak Fx.Suparman , Beliau adalah pensiunan PNS PU sempor, beliau  sudah merintisnya sejak tahun 2012 , Beliau menjalankan usahaini di latar blakangngi ketertarikan dari beberapa pengusaha yang sukses sebelum beliau dan melihat beliau memiliki waktu dan lahan yang cukup untuk melakukan usahaini .
Penghasilan yang di perole sudah mencapai jutaan rupiah, dan beliau sedah memiliki beberapa pegawai dan mesin produksi sendiri, menurut penuturan beliau omset yang di peroleh selama satu kali produksi dengan dikurangi biyaya bahan baku dan pembayaran pegawai dliau dapat merauk sekita 2juta rupiah bersih,.
Mungkin bliau adalah contoh sukses dari pengusaha kebumen terutama sidoharum, sekian trimakasih.
by:billy bagus h
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar